Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya.Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.
A. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan
Dalam dunia pendidikan teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai sebagai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Salah satu pernanan TIK dalam dunia pendidikan saat ini adalah dengan munculnya E-Learning (Pembelajaran Elektronik). Kemampuan internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
E-Learning merupakan dasar dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program pembelajaran atau program pendidikan.
Gambar. Contoh Situs e-learning www.e-dukasi.net
Dengan demikian e-learning dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya pendidikan untuk belajar menjadi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.
B. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.
Gambar.situs e-commerce www.yahoo.com
C. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
Di kota-kota besar, kita dapat memastikan kebanyakan orang telah mempunyai rekening di bank. Rekening yang bisa berupa tabungan, rekening koran, giro, ataupun deposito. Tapi melakukan transaksi di kantor bank terkadang memakan waktu cukup lama terutama harus antri menunggu giliran. Tidak jarang karena kesal dan tidak sabar menunggu dilayani sehingga memanfaatkan cara lain yaitu seperti menggunakan ATM (anjungan tunai mandiri) bank yang tersebar di beberapa tempat. Namun terkadang seseorang bisa bertambah kesal karena di depan ATM ternyata terdapat barisan orang yang mengantri pula.
Nah, muncullah ide untuk memanfaatkan internet sebagai salah satu jalur transaksi perbankan yang lebih mudah diakses dimanapun seperti di rumah atau kantor dan juga kapanpun selama 24 jam satu minggu penuh. Internet banking yang juga dikenal dengan istilah online banking ini menurut situs wikipedia adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.
Bagi sebagian orang, internet banking sangat membantu karena bisa melakukan transaksi perbankan di luar jam kerja bank yang sering pendek. Hanya membutuhkan koneksi internet dan web browser seperti Internet Explorer. Sama sekali tidak memerlukan perangkat lunak atau perangkat keras secara khusus. Jumlah konsumen perbankan yang memilih internet banking sebagai cara yang paling disukai untuk menangani keuangannya dewasa ini berkembang dengan sangat cepat. Hal ini disebabkan mereka menyukai berbagai kemudahan dan fitur yang tersedia dalam internet banking.
Gambar. Aktivitas Internet banking dengan menggunakan laptop
Internet banking biasanya menyediakan fitur pembayaran berbagai rekening baik listrik, telepon, kartu kredit dan sebagainya secara online. Selain itu, setiap saat para konsumen bisa memeriksa dan mengunduh daftar transaksi keuangan mereka atau jumlah simpanan secara online. Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau swasta Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya.
Mungkin ada orang yang ragu menggunakan internet banking lantaran cemas pada sistem keamanan internet yang sering dibobol oleh hacker atau cracker. Terutama sistem keamanan dengan otorisasi password yang sudah cukup aman bagi kebanyakan situs belanja online ternyata belum dianggap aman bagi internet banking di beberapa negara. Beberapa bank melengkapi sistem keamanan internet banking dengan sistem tambahan seperti enkripsi dan penggunaan password ganda yang salah satunya selalu berubah-rubah setiap melakukan transaksi perbankan online.
Sistem password ganda itulah yang diadopsi beberapa bank di Indonesia untuk melindungi konsumen internet banking-nya seperti sistem KeyBCA yang digunakan BCA. Pelanggan bank tersebut setiap ingin melakukan transaksi perbankan lewat internet banking tidak hanya harus menggunakan PIN (personal identification number) sebagai password, namun juga harus menggunakan KeyBCA, semacam kalkulator elektronik untuk mengeluarkan password yang selalu berbeda untuk mengotorisasi transaksi tersebut.
Ada beberapa strategi lainnya untuk melindungi internet banking seperti menggunakan pembaca kartu chip bank konsumen yang bisa mengeluarkan password yang hanya bisa dikenali kartu tersebut. Cara lain yaitu sertifikat digital yang dapat mengotorisasi transaksi perbankan online dengan menghubungkannya pada peralatan fisik milik konsumen seperti komputer atau ponsel. Memang sistem keamanan internet banking tidak pernah 100% aman, namun penelitian menunjukkan perbankan konvensional justru lebih rentan pada penipuan keuangan daripada internet banking.
PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Pendidikan
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan telah lama dilakukan di negara-negara maju. Di Amerika Serikat, misalnya, pemanfaatan komputer dan jaringan komputer telah dilakukan sejak tahun 1980-an. Untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses bahan-bahan pelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan komputer. Di Indonesia pemanfaatan Internet sebagai sarana pendidikan masih belum maksimal. Untuk tingkat perguruan tinggi saja, hanya beberapa perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan itupun belum maksimal.
Ada banyak contoh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan, seperti:.
1. Konsultasi dengan para ahli
Internet juga banyak dimanfaatkan untuk berkonsultasi dengan para ahli yang berada di tempat lain. Hal mi menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi masalah. Seorang mahasiswa di pulau Sulawesi yang sedang melakukan penelitian masih dapat berkonsultasi dan bertukar informasi dengan seorang dosen yang ada di pulau Jawa. Hal mi dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan e-mail, chatting, ataupun mailing list di Internet.
2. Berbagi hasil penelitian
Internet sebagai salah satu Teknologi informasi dan komunikasi, telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia berbeda. Hal mi menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Saling berbagi hasil penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang berulang
3. Perpustakaan online
Perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di Internet. Perpustakaan online memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa dapat mengakses ke sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu. Perpustakaan online memungkinkan seorang mahasiswa di luar pulau Jawa dapat mengakses perpustakaan milik UPI di Bandung Jawa Barat.
Gambar 3.1 Perpustakaan online milik Universitas Pendidikan Indonesia UPI
4. Kelas Online
Aplikasi kelas online dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti Universitas Terbuka, Kursus, Bimbingan belajar dan sekolah-sekolah terbuka (SMP Terbuka) . Materi-materi pelajaran dibuat interaktif dan menarik sehingga kualitas belajar di kelas online tidak kalah dengan kualitas belajar di kelas biasa.
Gambar. Situs Kelas Online Bimbel Primagama
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Menunjang Bisnis
Salah satu contoh yang dapat kita ambil dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung bisnis adalah apa yang dilakukan oleh perusahaan jasa kurir Fedex. Fedex membuat sebuah sistem informasi yang menghubungkan semua cabang-cabang perusahaannya di seluruh dunia sehingga setiap barang yang dikirimkan dapat diketahui sudah sampai di mana. Sistem informasi tersebut kemudian dihubungkan ke Internet yang memungkinkan pelanggan dapat mengecek sendiri keberadaan barang yang mereka kirimkan. Sistem baru mi memudahkan Fedex untuk mengecek keberadaan sebuah barang jika ada barang yang hilang atau kesasar. Sistem yang baru juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan dan tentu saja akan menambah kesetiaan pelanggan dan meningkatkan jumlah pelanggan.
Sedangkan contoh-contoh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk membuat layanan baru adalah Internet banking, SMS banking, dan E-Commerce.
Internet Banking
Internet banking seperti yang telah kita singgung diatas. Layanan Internet banking memungkinkan nasabah sebuah bank melakukan transaksi perbankan di Internet. Nasabah cukup masuk ke situs web yang disediakan oleh bank dan kemudian melakukan transaksi yang diinginkan. Transaksi-transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan. Sedangkan untuk transaksi penarikan atau penyetoran uang harus dilakukan melalui ATM atau kasir bank.
Gambar Situs web Iayanan Internet banking dari bank BNI
SMS Banking
SMS banking adalah layanan perbankan dan bank yang dilakukan dengan menggunakan SMS. Layanan SMS banking memungkinkan nasabah sebuah bank melakukan transaksi perbankan hanya dengan mengirimkan SMS ke nomor tertentu yang disediakan oleh bank. Transaksi-transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan SMS banking adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.
Dengan alasan-alasan yang sama dengan layanan Internet banking, SMS banking memberikan keuntungan kepada bank penyedia layanan dan juga nasabah yang menggunakan layanan.
Gambar. Layanan SMS Banking oleh Bank Mandiri
E-Commerce
Electronic Commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik yang telah dibahas diatas adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama Internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal mi kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan.
Saat mi ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan perdagangan secara elektronik untuk mendukung usaha mereka. Bahkan, beberapa perusahaan mengkhususkan melakukan perdagangan secara elektronik saja dan tidak melakukan perdagangan secara konvensional (biasa).
Di Indonesia, perdagangan secara elektronik juga sudah mulai dilakukan. Beberapa website didirikan khusus sebagai website untuk menjual barang-barang. Beberapa contohnya, antara lain: glodokshop.com, bhinneka.com, uc98.com, dan masih banyak lagi.
Gambar. Situs e-commerce www.glodokshop.com
Penggunaan TIK dalam Bidang Pemerintahan
Manfaat pengunaan teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis, pendidikan atau perbankan saja, tetapi juga telah dirasakan dalam bidang pemerintahan. Beberapa pemerintah daerah tingkat kabupaten/kotamadya dan pemerintah tingkat propinsi di Indonesia mulai memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjalankan kegiatan-kegiatan pemerintahan. Di tingkat pusat, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi juga sudah dilakukan oleh beberapa departemen. Beberapa pemerintah daerah yang telah menjalankan manfaat teknologi dan informasi adalah propinsi DKI, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Kabupaten Bandung, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Dalam Negeri, dan lain-lain.
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan ditujukan untuk meningkatkan hubungan pemerintah dengan masyarakat.
Gambar 3.5 Website Pemerintah Daerah Kota Tarakan Kalimantan Timur
Pemanfaatan teknologi iriformasi dan komunikasi untuk hubungan pemerintah dengan masyarakat adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan masyarakat luas. Misalnya, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani administrasi dan urusan kependudukan.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk hubungan pemerintah dengan dunia usaha (G2B) adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan dunia usaha, misalnya pengurusan izin usaha, permintaan data-data statistik yang dibutuhkan dunia usaha, dan sebagainya.
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Sosial
Di negara kita Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang penduduknya tersebar dan hidup di pedesaan. Menurut data yang dikeluarkan oleh majalah The Economist, 38 juta penduduk Indonesia berada dalam garis kemiskinan dan 70% di antaranya hidup di daerah pedesaan, sedangkan sisanya berada di daerah perkotaan.
Gambar 3.6 Website http://telecenter.cyberdesa.com/
Pendirian telecenter di daerah pedesaan merupakan program pengembangan komunitas lokal dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, dan diharapkan telecenter mampu :
1. Memberdayakan masyarakat dengan kemudahan akses terhadap informasi dasar seperti informasi pasar, pertanian, perdagangan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain;
2. Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal mengakses informasi penggunaan komputer, manajemen telecenter dan lain-lain melalui pelatihan-pelatihan;
3. Mendorong masyarakat untuk meningkatkan perekonomian setempat dengan kegiatan pembangunan komunitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi;
4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk membangun komunitas lokal.
makasih om
BalasHapus___/~~~~\_=
O-----0----